BAGAIMANA MEMBERI PENJELASAN EFEKTIF


Sobat semua kali ini saya mau menjelaskan tentang materi pendidikan dengan judul ”BAGAIMANA MEMBERI PENJELASAN YANG EFEKTIF” yang saya kutip dari Buku E.C. Wragg & George Brown dan diterjemahkan oleh Anwar Jasin dalam buku “Menjelaskan” penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia,Jakarta,1996.
Bagamana memberikan penjelasan yang Efektif
Cara yang digunakan oleh seseorang dalam memberikan pembelajaran yang efektif berbeda-beda, keaktifan diartikan melaksanakan apapun yang guru ingin laksanakan. Ada yang berpendapat bahwa anak-anak harus diberi tes baru bisa dikatakan anak itu berhasil atau tidak, sesuai dengan skor yang diperoleh anak tersebut. Dalam praktek,biasanya tidak mungkin, atau bahkan tidak dikehendaki, untuk menempatkan guru dalam semua bentuk penilaian seperti ini sekaligus.
Ciri-ciri utama penjelasan yang efektif
Kejelasan “Nate Gage(1968) merumuskan secara singkat “beberapa orang menjelaskan secara jitu, masuk kejantung materi dengan terminologi, contoh-contoh dan susunan gagasan yang tepat. Pemberi penjelasan lain, sebaliknya membuat kita semua dan mareka sendiri menjadi bingung, menggunakan istilah-istilah diluar kemampuan kita memahaminya, manarik analogi-analogi yang janggal”.
Dalam hal tersebut mencakup beberapa ciri berikut:
1. Struktur yang jelas. “kunci-kunci” atau gagasan sentral yang jelas dan intinya,sifat-sifat, konsep-konsep, apa saja, dibuat terang. Kaitan antara gagasan utama dan ini semua memberikan koherensi dan bentuk logis seluruh penjelasan.
2. Bahasa yang jelas, pilihan kata dan ungkapan yang jitu untuk pokok bahasan dan anak yang bersangkutan tidak terlalu dangkal, juga tidak terlalu tinggi tingkat abstraksinya. Dengan kata lain, ragam bahasa yang sesuai dengan kata-kata yang terpilih baik.
3. Suara yang jelas, suara yang diatur secara baik dengan tinggi-rendahnya, tidak menonton. Suara dibantu dengan gerak isyarat dan gerakan, tekanan, ekspresi, wajah dan animasi, sesuai dengan keadaan.
4. Kemahiran, kejelasan didukung oleh kemahiran. Penjelasan mengalir pada suatu kecepatan yang menarik perhatian, bukan membuat orang bosan. Kegairahan dan minat sungguh-sungguh yang diperhatikan guruakan mendorong kelancaran penjelasan.
Strategi
Menjelaskan bukanlah proses satu arah. Menjelaskan bukan hanya soal seseorang yang mengetahui seuatu memompakanya kedalam kepala seseorang yang tidak mengetahui.
Sobat semuat memberikan penjelasan kepada seseorang apalagi kepada siswa-siswi kita misalnya tidak seperti menuangkan air kedalam timba. Akan tetapi setiap memberikan penjelasan kepada orang lain yang terpenting adalah mengetahui terlebih dahulu karakteristik sipenerima penjelasan tersebut. Karena dengan mengetahui karakteristik penerima penjelasan akan lebih mudah bagi pemberi penjelasan dalam menerima penjelasan.

Yoesmedi avatar

Yoesmedi

mari jalin persahabatan tanpa tuntutan

You may also like...

Like this post and Leave a comment.

Comments

Siatteuk

Sangat bagus

6 months ago
Fadlisaleh

Postingan yang sangat bermanfaat untuk orang-orang yang bekerja dibidang pendidikan pak yoesmedi

6 months ago
thedawn

Nice post. I like it

6 months ago