TSIOLKOVSKY


Seorang ilmuan berkebangsaan Uni Sovyet Konstantin Tsiolkovsky yang sangat dikenal orang yang pertamakali menyelidiki roket secara ilmiah, Tsiolkovsky lahir pada tahun 1857, merupakan anak desa dan ayahnya mencari nafkah di hutan dan masa kecilnya Tsiolkovsky menjadi tuli karena komplikasi penyakit campak. Sehingga dia tidak dapat melanjutkan sekolahnya. Tsiolkovsky belajar sendiri dirumah dengan kedua orang tuanya.
Pada tahun 1879, ia mengikuti ujian sekolah guru. Berkat ketekunan dia selama ini Tsiolkovsky pun lulus dengan hasil yang sangat memuaskan. Dan setahun kemudian ia mengajar pada sekolah putri. Mata pelajaran matematika dan ilmu alam yang diambilnya.Sejak saat itulah kecendrungannya untuk selalu terus melakukan penelitian-penelitian.
Sekitar permulaan abad ke 20 penyelidikan orang secara ilmiah dilakukan pada roket. Tsiolkovsky tidak lagi sebagai seorang guru, ia adalah seorang ilmuan yang menekuni bidang peroketan. Sumbangannya yang terbesar adalah dalam Teori Gerak Reaksi dan Tsiolkovsky juga yang pertama menciptakan rumus-rumus matematika yang menjadi dasar perhitungan ilmu peroketan.
Pada tahun 1883 ia mensarankan pengunaan azas gerak reaksinya digunakan didalam menciptakan kendaraan planet sejak berpuluh-puluh tahun lamanya ia menekuni bidang peroketan.
Akhirnya muncullah tulisannya yang berjudul Roket Ke Antariksa yang diterbitkan pada yahun 1903. Dalam buku tersebut menguraikan dengan mengunakan roket, orang akan dapat melakukan penerbangan antariksa, dan dua puluh tahun kemudian beredar buku yang kedua dengan judul Kereta Antariksa, yang terbit pada Tahun 1929 yang menguraikan roket bertahapan banyak.
Tanggal 4 Oktober 1957,Sputnik, satelit pertama mengorbit bumi di antariksa. Melaikan juga ke bulan. Kapal antariksa Uni Sovyet, Vastok, yaitu pesawat antariksa pertama yang dikendalikan oleh Yuri Gagarin, manusia yang pertama kali mengorbit bumi.
Amerika pun tidak mau ketinggalan, pada tanggal 21 juli 1969 pesawat antariksanya Apollo 11, diluncurkan mengunakan roket raksasa Saturnus-5 sebagai pesawat pendorongnya.Asmstrong, Aldrin dan Collin, tiga orang putra Amerika, yang menjadi manusia yang pertama kali mendaratkan kaki di bulan.
Setelah revolusi oktober pemerintah Uni sovyet memberi bantuan penuh pada karyanya itu yaitu kedudukan tinggi sesuai keahliannya dan Tsiolkovsky mendapatkan uang pensiun untuk seumur hidupnya.
Pada tahun 1935, Konstantin Tsiolkovsky meninggal dunia dan tidak sempat menyaksikan penemuanya berkembang pesat saat ini
Sumber: Buku judul : Ilmuan dan Penemunya yang ditulis oleh Yulan Eka T. Penerbit Sinar Pengetahuan, Jakarta tahun1986.

You Better Hodl That Stish!

Join Stish Micro Crypto Economy

Stish It Social Media Like No Other

Comments Reward You And The Author.

outwalking

Terima kasih atas informasinya, saya tidak pernah mendengar tentang pria ini. Saya tertarik dengan roket model ketika saya masih kecil. Apakah Anda memiliki roket 'Estes' di negara Anda.

2 months ago
the dawn

zabardast

2 months ago
the dawn

achi post ha

2 months ago
the dawn

tafseel say likha ha

2 months ago